Rabu, 14 November 2012

Apa itu Kecepatan Cahaya..? Baca Artikelnya dulu Yuks...




Kalo tinggal di perkampungan atau yang lagi mudik ke kampung,
coba liat ke langit, dijamin kalo kampungnya rada gelap bisa jelas
ngeliat bintang2 ^^ . Percaya gk kalo kita liat langit berarti kita liat ke masa lalu? Gk percaya? Simak yuk...

Temen2 pasti udah tau kan cahaya itu apa? Yup, cahaya merupakan sinar putih yang bisa dilihat oleh mata. Kenapa putih? Karena, cahaya bisa dibiaskan dan "terpisah" menjadi spektrum2 cahaya tertentu.

Nah, dengan kecepatan 299.792,458 km/detik, cahaya bisa dibilang sangat cepat, dan uniknya, kecepatan cahaya di ruang hampa itu konstan, tidak bisa diperlambat dan juga tidak bisa dipercepat. Jadi, cahaya bisa kita gunakan untuk pergi ke masa depan tapi gk bakal bisa balik lagi XD . Dan, selama suatu benda bergerak dalam kecepatan cahaya, maka benda tersebut tidak bakal menua sedikitpun karena waktu dalam kecepatan cahaya sama dengan 0.

Salah satu satuan jarak Alam Semesta ini merupakan tahun cahaya, alias jarak tempuh cahaya dalam waktu satu tahun, yaitu
9.454.254.955.488 km. Jadi, hitung sendiri apabila galaksi terjauh yang diketahui, UDFj-39546284, itu berjarak 10,3 miliar tahun cahaya.

Seperti yang disinggung tadi, kalo bawa materi dalam kecepatan
cahaya maka tidak ada penuaan dalam materi tersebut. Sehingga apabila kita melihat bintang Alpha Centauri yang berjarak 4,3 tahun cahaya berarti yang kita lihat tersebut merupakan keadaan dan posisi bintang tersebut 4,3 tahun yang lalu. Nah, bagaimana kalo Galaksi Andromeda yang berjarak 2,5 juta tahun cahaya dari kita? Belum lagi, ada miliaran benda langit yang bisa diobservasi dan jaraknya juga sangat jauh XD .

Jadi? Sekarang percaya kan kalo kita lihat langit berarti kita lihat ke masa lalu? ^^

Koreksi dari Aryo Ziad:
1. Kecepatan cahaya 299.792 km/s adalah kecepatan cahaya dalam ruang hampa. Dalam medium yang berbeda kecepatan cahaya bisa berbeda-beda sesuai dengan mediumnya. Silahkan cek sendiri berapa kecepatan cahaya dalam air, udaca, kaca, kristal, dsb. Jadi kecepatan cahaya tidaklah konstan, kecuali di ruang hampa.
2. Dalam hal kecepatan, cahaya atau foton cahaya bukanlah hal pertama yang menempati urutan tercepat sejagat raya. Pada kajian fisika teoritis ada yang disebut gelombang hipotesis de Broglie.
Kecepatan gelombang ini setara dgn c^2/v. Jauh diatas kecepatan cahaya. Dalam kajian astronomi pun, (mengacu efek dopler pada galaksi2 terluar jagat raya) diyakini pengembangan alam semesta jauh lebih cepat dibandingkan cepat rambat cahaya.
3. Benar bahwa pada kecepatan cahaya waktu = 0. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa cahaya satu-satunya mahluk yang abadi dialam semesta ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar